Disable Preloader

LPPKPIE - BLOG


Sarapan adalah waktu makan yang sangat penting dan tidak seharusnya untuk ditinggalkan. Sarapan sering sekali dilewatkan oleh sebagian orang karena menganggap sarapan hanya sebagai kegiatan makan saja. Padahal sarapan sangat penting bagi tubuh kita.
Selain tidak bagus bagi kesehatan, meninggalkan sarapan juga dapat mempengaruhi berat badan. Tentu ini bukanlah hal baik apalagi untuk orang yang sedang dalam program diet. Terkadang kita hanya menganggap diet berarti mengurangi makan. Sehingga meninggalkan sarapan menjadi pilihan dan menggantinya dengan makan siang saja. Padahal hal ini bukanlah hal yang baik. Meninggalkan sarapan hanya akan membuat kita mengurangi makan, namun kekuragan asupan gizi pada tubuh. Dan terkadang malah diganti dengan camilan yang justru tidak baik bagi kesehatan tubuh kita.  

Manfaat Sarapan

Ada beberapa manfaat dari sarapan yang teratur, yaitu:
1. Sumber Energi
Saat tidur, tubuh kita juga mengalami proses pembakaran energi. Untuk itu setelah bangun kita membutuhkan asupan energy sebagai pengganti energy yang dikeluarkan saat tidur agar dapat melakukan aktivitas harian.

2. Meningkatkan Kekuatan Otak
Selain sebagai sumber energy, sarapan dengan makanan yang sehat juga dapat meningkatkan kekuatan otak. Sarapan dapat membantu anak-anak dalam berpikir dan berkonsentrasi. Sumber energy dari otak adalah karbohidrat. Untuk itu jangan lupa sertakan asupan karbohidrat saat sarapan.

3. Mengontrol Gula Darah
Sarapan juga dapat mengontrol gula darah tubuh agar tidak melonjak naik secara tiba-tiba atau sebaliknya. Bagi pasien penderita diabetes, sarapan menjadi sangat penting untuk mengontrol tekanan gula darahnya. Sertakan serat yang cukup, mengandung karbohirat, protein, dan lemak yang tak lebih dari 500 kalori.

4. Tulang Kuat
Sarapan diyakini sebagai waktu yang tepat untuk mengonsumsi kalsium dan nutrisi lainnya. Dengan mengonsumsi susu yang mengandung kalsium, vitamin D dan protein yang tinggi dapat membantu untuk meningkatkan kekuatan tulang.

Kapan Waktu Terbaik Untuk Sarapan?

Sarapan memberikan gizi dalam kehidupan sehari-hari sebanyak 15-30% . Namun perlu diperhatikan pula kapan waktu yang tepat untuk sarapan agar mendapatkan manfaat sarapan yang maksimal.
Sarapan yang baik dilakukan pada pagi hari 1-2 jam setelah bangun tidur, atau  1-2 jam sebelum melakukan aktivitas/ bekerja. Dilansir dari women’s Health dijelaskan jika sarapan 2 jam setelah bangun tidur dapat mengurangi nafsu makan datak sehat dan gula darah yang tak terkendali. 
Di Indonesia sendiri, aktivitas masyarakat biasa dimulai dari jam tujuh pagi. Untuk sebagian orang akan kesulitan dalam menentukan waktu sarapan karena waktu yang terbatas di pagi hari. Untuk itu pastikan saja untuk melakukan sarapan sebelum bekerja. Semakin pagi ia bekerja, maka sarapan harus dilakukan lebih pagi dari waktu bekerja.

Makanan Apa yang Baik Untuk Dikonsumsi Saat Sarapan?

Umumnya makanan yang baik untuk dikonsumsi adalah makanan yang mencakup 4 sehat 5 sempurna. Dalam hal ini tentu berkaitan dengan makanan yang mengandung karbohidrat, vitamin dan mineral, serat, protein dan minuman.
Pada dasarnya sarapan merupakan hal yang sangat baik untuk tubuh. Oleh karena itu usahakan untuk selalu menjaga pola makan dengan makan teratur tiga kali sehari dengan porsi yang sesuai kebutuhan tubuh kita. 
 

 

 

image source https://www.honestdocs.id/pentingnya-manfaat-sarapan-pagi