Disable Preloader

LPPKPIE - BLOG

Ginjal merupakan organ yang bekerja membersihkan darah dari zat beracun pada tubuh sebelum akhirnya dialirkan ke seluruh tubuh dan membuang zat beracun tersebut melalui urin.  Pada umumnya manusia memiliki dua ginjal yang terletak di punggung bagian bawah.  Menjaga pola hidup yang sehat sangat diperlukan untukan menjaga kesehatan ginjal, terutama dalam menghindari penyakit ginjal seperti gagal ginjal.

Gagal ginjal merupakan keadaan dimana ginjal tidak dapat berfungsi dengan baik sehingga tidak dapat menyaring racun atau zat berbahaya yang masuk ke dalam tubuh. Gagal ginjal ini dapat menyerang siapa saja, baik orang dewasa maupun anak-anak.

Gagal ginjal dapat berlangsung sementara, biasanya rasa sakit berlangsung secara tiba-tiba dan dalam waktu yang singkat. Namun dalam keadaan yang sudah buruk gagal ginjal dapat terjadi dalam waktu yang lama. Berdasarkan klasifikasinya, gagal ginjal dibedakan menjadi dua yaitu gagal ginjal akut dan gagal ginjal kronis.

Gagal ginjal akut (Acute Kidney Injury)

Gagal ginjal akut merupakan gagal ginjal yang masih dalam tahap awal dimana kerusakan ginjal baru terjadi selama beberapa jam atau beberapa hari.  Gagal ginjal akut ini dapat sembuh jika diobati dengan cepat. Jika tidak ditangani dengan cepat, maka dapat menimbulkan komplikasi pada tubuh.

Gagal ginjal Kronis

Gagal ginjal kronis terjadi saat ginjal mengalami kerusakan parah yang mengakibatkan sakit dalam waktu yang cukup lama. Pasien dengan gagal ginjal selama lebih dari tiga bulan maka dikategorikan sebagai gagal ginjal kronis. Pada tahap stadium akhir, pengobatan  gagal ginjal akut membutuhkan dialysis dan transplantasi ginjal agar pasien dapat bertahan hidup.

Penyebab gagal ginjal

Penyebab gagal ginjal dapat dikategorikan berdasarkan jenis gagal ginjal yang diderita. Penyebab terjadinya gagal ginjal berdasarkan jenisnya yaitu:

a. Penyebab gagal ginjal akut

gagal ginjal akut dapat terjadi karena bebrapa konidisi, seperti :

1. Volume darah rendah. Kurangnya aliran darah ke ginjal maka dapat menyebabkan pendarahan, dehidrasi berat atau syock.

2. Cedera parah pada ginjal

3. Luka bakar parah

4. Penyakit seperti glumerulonefritis, infeksi ginjal, penyakit jantung, serangan jantung, gagal hati, batu ginjal hingga kanker ginjal.

5. Komplikasi hipertensi

6. Alergi parah atau anafilaksis

7. Setelah menjalani operasi besar

8. Pengaruh obat tertentu seperti kemoterapi, antibiotic, suplemen herbal dan lain-lain.

Penumpukan zat tertentu di dalam tubuh seperti asam oksalat juga dapat menimbulkan gagal ginjal akut.

b. Penyebab gagal ginjal kronis

Gagal ginjal yang berlangsung lama dan berat ini dapat terjadi karena berbagai kondisi seperti:

1. Diabetes atau tekanan darah tinggi yang tidak terkontrol

2. Memiliki penyakit autoimun seperti lupus

3. Menderita penyakit ginjal seperti batu ginjal, infeksi ginjal berulang, dan penyakit ginjal lainnya.

4. Memiliki gangguan prostat

5. Obesitas

6. Merokok

Tanda dan gejala gagal ginjal

Pada umumnya penyakit gagal ginjal sulit untuk dideteksi secara spesifik. Bahkan banyak pasien gagal ginjal yang tidak memiliki keluhan apapun sebelumnya namun akhirnya terjadi sakit yang datang secara tiba-tiba. Untuk menentukan penyakit gagal ginjal pada tahap awal biasanya harus dilakukan uji laboratorium terlebih dahulu.

Meskipun gejala awal penyakit gagal ginjal mirip dengan penyakit-penyakit yang lain, namun ada baiknya kita waspada terhadap beberapa gejala yang muncul. Gejala yang muncul ketika ginjal mengalami penurunan fungsi yaitu:

1. Gatal-gatal pada kulit

2. Kram otot

3. Mual dan muntah

4. Mudah lelah dan nyeri di punggung

5. Hilang nafsu makan

6. Bengkak pada lengan dan kaki

7. Berkurangnya produksi urin

8. Linglung atau bingung

9. Sesak napas

10. Dehidrasi

11. Sulit tidur

12. Tekanan darah tinggi atau hipertensi

Meskipun terdapat banyak sekali gejala yang terjadi akibat gagal ginjal, namun gejala yang munjul pada setiap orang dapat berbeda-beda tergantung dengan tingkat keparahan kerusakan pada ginjal.

Kapan harus ke dokter?

Jika menemukan gejala pada gagal ginjal, segeralah periksakan diri ke dokter agar dapat didiagnosis lebih awal. Penanganan kasus gagal ginjal lebih awal dapat menurunkan resiko yang lebih besar sehingga gagal ginjal dapat disembuhkan.

Cara mencegah gagal ginjal

Karena pentingnya kesehatan ginjal, maka perlu bagi kita untuk menjaga kesehatan ginjal agar terhindar dari penyakit-penyakit yang dapat menyerang ginjal. Upaya yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan ginjal kita adalah:

1. Menerapkan gaya hidup sehat, seperti minum air putih yang cukup, tidak merokok, tidak minum minuman beralkohol dan rajin berolahraga

2. Mengkonsumsi makanan sehat bagi ginjal seperti buah, sayur, kacang-kacangan, lemak sehat dan makanan sehat lainnya

3. Melakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin untuk mengetahui kesehatan tubuh kita dari waktu ke waktu

4. menghindari konsumsi obat yang berlebih tanpa resep dokter

5. Untuk pengidap penyakit yang berpotensi pada gagal ginjal, pastikan untuk  melakukan pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.

 

Baca Juga: Medical Check-up Dan Berbagai Jenis Pemeriksaan Yang Dilakukan

Pentingnya Mengikuti Pelatihan Medical Check-Up Fit To Work Bagi Tenaga Medis

 

gagal ginjal terjadi karena

gagal ginjal gejala

gagal ginjal bisa sembuh

pencegahan gagal ginjal

gagal ginjal kronik

gagal ginjal akut

makanan penyebab gagal ginjal

akibat gagal ginjal