Disable Preloader

LPPKPIE - BLOG

Medical Chek Up merupakan pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui keadaan kesehatan seseorang agar dapat mendeteksi penyakit lebih awal. Hal ini dilakukan agar penyakit yang terdeteksi bisa segera diatasi, sehingga tidak menimbulkan efek penyakit yang lebih serius. 

Dalam pemeriksaan medical chek up, terdapat beberapa tes yang bisa dilakukan. Hal ini tergantung pada kondisi pasien atau tergantung  kepentingan tertentu, salah satunya yaitu kepentingan bagi suatu perusahaan dalam menganalisa keadaan kesehatan pekerjanya. Dalam dunia kerja, kesehatan tentu sangat berpengaruh pada produktifitas kerja. Sehingga prosedur medical check up sangat diperlukan untuk mendapatkan hasil kerja yang maksimal.

Manfaat Medical Check Up Karyawan

Dalam penerapan medical check up karyawan, terdapat beberapa pihak yang mendapatkan manfaat, yaitu:

1. Perusahaan

Dengan adanya medical check up, perusahaan dapat mengetahui kondisi kesehatan calon karyawan maupun karyawan yang sudah bekerja di perusahaan. Karena dengan mengetahui keadaan kesehatan karyawannya lebih awal, perusahaan dapat  mengukur tingkat produktifitas kerja, serta menekan resiko kecelakaan kerja yang mungkin dapat terjadi di kemudian hari.

Di dalam perusahaan, medical check up biasa dilakukan dalam tiga tahap, yaitu medical check up sebelum kerja, medical check up berkala bagi karyawan maupun medical check up dalam kondisi khusus. 

2. Karyawan

Sebagai karyawan, medical check up sangat penting dilakukan. Dengan medical check up, karyawan dapat mengetahui kondisi kesehatannya baik sebelum maupun setelah bekerja di dalam perusahaan. Dengan medical check up, karyawan dapat mengatasi masalah kesehatan yang mungkin terjadi sejak dini sehingga tidak akan berpengaruh pada produktifitas dan keberlangsungan kerjanya.

3. Tenaga Medis

Tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan dan karyawan saja, medical check up juga bermanfaat bagi tenaga medis ahli. Salah satunya adalah menambah pengetahuan dan pengalaman dalam menganalisa penyakit yang terjadi akibat dari kondisi kerja karyawan dan perusahaan.

Sebagai tenaga medis ahli, penanganan pelayanan medical check up bagi karyawan membutuhkan pengetahuan yang lebih mendalam. Banyak hal yang harus diperhatikan khususnya dalam hal yang berkaitan dengan kesehatan ketenagakerjaan. Oleh karena itu, petugas medis dalam melakukan medical check up harus memiliki sertifikasi guna menunjang kredibilitasnya.

Untuk mendapatkan sertifikasi, tenaga medis harus mengikuti pelatihan medical chek up bagi karyawan. Dalam pelatihan tersebut tenaga medis akan dididik dan dilatih mengenai berbagai hal yang berkaitan dengan medical check up bagi karyawan.

Dalam mengikuti pelatihan tersebut, ada persyaratan khusus yang biasanya harus dipenuhi, salah satunya riwayat jenjang pendidikan atau pekerjaan. Sasaran peserta dari pelatihan tersebut biasanya meliputi dokter perusahaan, dokter pemeriksa kesehatan kerja, paramedik, staff PJK3, praktisi HSE, parktisi HRD atau mahasiswa kedokteran/kesehatan masyarakat.

Untuk mengikuti pelatihan medical check up bagi karyawan atau pelatihan medical check up fit to work, LPPK Prima Elite Institute mengadakan pelatihan  tersebut guna membantu calon peserta mempelajari hal-hal yang berkaitan dengan materi medical check up fit to work.

LPPK Prima Elite Institute mengundang trainer-trainer terbaik dalam setiap pelatihannya agar materi yang disampaikan dalam pelatihan dapat bermanfaat langsung bagi peserta.