Disable Preloader

LPPKPIE - BLOG

Tidak dapat dipungkiri sistem kesehatan di Indonesia masih harus diperbaiki dari segala sisi. Sebagai acuan kita dapat melihat dari angka kematian ibu dan anak di Indonesia yang bisa terbilang masih tinggi. Menurut buku putih sistem reformasi kesehatan  nasional yang dikeluarkan oleh kementrian PPN/ Bappenas pada Maret 2022  menyebutkan jika tingkat kematian ibu dan anak  di Indonesia mencapai 305 kasus dari setiap 100.000 kelahiran. Hal ini tentu masih mejadi masalah jika mengingat target yang harus dicapai pada tahun 2024 sebanyak 183 per 100.000 kelahiran.

Bagi bidan ataupun calon bidan tentu ini menjadi tantangan tersendiri dalam meningkatkan kualitas dan terwujudnya kelahiran yang sehat dan aman. PPGDON adalah pelatihan yang diperuntukkan bagi bidan maupun calon bidan yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam menangani kasus kegawatdaruratan obstetri dan neonatus.  Obstetri adalah ilmu dalam kedokteran yang berkaitan dengan kehamilan dan persalinan. Hal ini termasuk proses sebelum, selama dan sesudah melahirkan. Sedangkan neonatus adalah bayi yang baru lahir sampai berusia 28 hari.  Pada masa neonatus keadaan bayi masih rentan karena masih dalam masa penyesuaian terhadap lingkungan.

Siapa Yang Direkomendasikan Untuk Mengikuti Pelatihan PPGDON?

Pelatihan PPGDON dapat diikuti oleh tenaga medis baik dokter, perawat, bidan, anggota P2K3 atau siapapun yang bekerja dalam tim tanggap kegawat daruratan rumah sakit maupun klinik.

Manfaat Sertifikat PPGDON

Dengan mengikuti pelatihan PPGDON kita dapat menerima berbagai manfaat seperti:

Meningkatkan kualifikasi dalam melamar kerja. Dengan memiliki sertififkat pelatihan PPGDON, potensi diterima di Rumah Sakit lebih besar. Rumah sakit akan memproritaskan pelamar yang memiliki skill atau pengetahuan lebih. Hal ini dibuktikan dengan sertifikat PPGDON ataupun sertifkat pendukung lainnya.

Meningkatkan nilai STR. Sertifikat PPGDON juga berpengaruh terhadap perpanjangan STR Bidan karena termasuk dalam pendidikan berkelanjutan.

Syarat kepengurusan menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil). Dalam kepengurusan untuk menjadi PNS, salah satu syaratnya adalah harus memiliki sertifikas pelatihan PPGDON.

Tujuan Pelatihan PPGDON

Tujuan dari  melakukan pelatihan PPGDON ini adalah:

1. Tenaga medis dapat mengenali kondisi gawat darurat dan memberikan penanganan yang baik dan tanggap pada ibu dan bayi.

2. Mampu mempraktekkan sesuai dengan prinsip penanganan dan penilaian penderita (primary and secondary survey).

3. Mampu menentukan manajemen penanganan kasus trauma berdasarkan prioritas.

4. Memulai dengan menagemen primary dan secondary survey yang mengacu pada “golden hour” dalam penanganan kasus gawat darurat.

5. Mampu mempraktekkan pengkajian fisik pada pasien Kegawat Daruratan Kebidanan sesuai dengan konsep yang diajarkan.

Materi Pelatihan PPGDON

Materi yang diberikan dalam pelatihan PPGDON meliputi:

1. Dasar-dasar PPGD

2. MGs: Kebijakan menurunkan Angka Kematian ibu dan anak

3. Aborsi dan KB dari Aspek Hukum

4. Pengelolaan Airway Breathing

5. RJP

6. Penanganan Sirkulasi dan Syok

7. Resusitasi Neonatus

8. Kegawatan Nafas pada anak

9. Syok dan Resusitasi cairan pada anak

10. Kedaruratan Psikiatri Post Partum

11. Kewaspadaan Universal di Unit Bersalin

12. Kegawatdaruratan Obsterti

13. Pendarahan pada persalinan

14. Preeklampsi/Eklampsi

15. Studi Kasus

Fasilitas

Fasilitas yang diberikan dalam pelatihan PPGDON ini yaitu :

-Sertifikat

-Penginapan Twin Sharing 3 Malam -Training Kit

-Masker, Hand Sanitizer, Vitamin -Buku Panduan

-Breakfast, Lunch, Coffee Break, Dinner -Dokumentasi Eksklusif

LPPK Prima Elite Institute mengadakan pelatihan PPGDON bagi tenaga medis untuk meningkatkan skill dalam menangani kasus kegawatdaruratan obstetrik dan neonatal. Pelatihan ini dilakukan dengan mendatangkan trainer-trainer terbaik dengan prokes Kementrian Kesehatan RI.

Untuk mengikuti pelatihan PPGDON silakan hubungi LPPK Prima Elite Institute di https://linktr.ee/lppkprimaeliteinstitute

 

 

Image Source http://www.testepositivo.com.br/gravidez/ultrassom-3d/