Disable Preloader

LPPKPIE - BLOG

STR atau Surat Tanda Registrasi merupakan bukti tertulis yang diberikan oleh pemerintah kepada tenaga kesehatan yang telah memiliki sertifikat kompetensi. Dengan memiliki STR, tenaga kesehatan dapat melakukan aktifitas pelayanan kesehatan sesuai dengan peraturan pemerintah. STR dapat diperoleh setiap tenaga medis jika telah memiliki ijazah dan sertifikat uji kompetensi.

STR berlaku selama lima tahun. Sesuai dengan  Permenkes 1796 tahun 2011, STR yang telah habis masa berlakunya dapat diperpanjang melaui partisipasi tenaga kesehatan dalam kegiatan pendidikan, pelatihan kesehatan atau kegiatan ilmiah lainnya sesuai dengan profesi serta kegiatan pengabdian terhadap masyarakat.

Di era modern sekarang ini, pembuatan maupun perpanjangan STR dapat dilakukan dengan cara Online. Hal ini dimaksudkan untuk mempermudah tenaga medis dalam melakukan registrasi secara mandiri dengan mudah dan efektif.

Syarat Perpanjangan STR

Sebelum melakukan perpanjangan STR, tenaga medis harus mempersiapkan berkas dan syarat yang harus dimiliki. Berikut adalah syarat yang harus dipersiapkan

1. Pas foto dengan background merah (maksimal file berukuran 300kb)

2. STR lama berbentuk file PDF (maksimal file berukuran 300kb)

3. Surat Keterangan Sehat (PDF)

4. Berkas pendukung atau bukti 25 SKP

5. Email yang aktif

6. NIK KTP

7. Nomor Ijazah

Cara Perpanjangan STR Secara Online

1. Masuk ke portal ktki.kemkes.go.id maka akan muncul tampilan halaman utama Sekretariat Konsil Tenaga Kesehatan Indonesia.

2. Klik tombol aplikasi e-STR di sebelah kanan bawah halaman utama untuk menuju ke halaman registrasi.

3. Setelah muncul halaman registrasi, akan mucul kolom email, PIN dan kode captcha. Masukkan data-data yang diminta sesuai dengan data pribadi. Jika kamu belum memiliki PIN, maka pilih menu “Belum Punya PIN”.

4. Untuk mendapatkan PIN, kamu diminta untuk membuat akun terlebih dahulu. Kamu akan diminta untuk mengisi data seperti email, nomor KTP dan captcha kemudian pilih menu “Daftar”.

5. Setelah mengklik tombol daftar, jika data yang kamu masukkan valid, maka secara otomatis data pendaftaran terisi lengkap sehingga kamu harus ceklis pada kolom agar pendaftaran dapat dilakukan.

6. Tak perlu menunggu lama, kamu akan menerima PIN yang telah kamu buat.

7. Setelah medapatkan PIN, lanjut login dengan mengisi email, PIN dam kode captcha kemudian klik masuk dan pilih menu “e-STR”.

8. Pilih menu “Registrasi Ulang” lalu klik “Perpanjangan”.

9. Selanjutnya kamu akan diminta untuk mengisikan biodata lengkap seperti nama, tempat lahir, tanggal lahir dan nomor STR lalu klik “Kirim”

10. Akan muncul halaman dengan keterangan beberapa Step. Step 1 kamu akan diminta untuk mengisi info pribadi dengan mengupload beberapa dokumen yang sudah kamu siapkan seperti pas foto resmi background merah, file scan Surat Keterangan Sehat dari dokter yang memiliki SIP, file scan STR lama dan surat Rekomendasi Organisasi Profesi dan data-data lainnya.

11. Pada step 2 kamu akan diminta untuk mengisi data mengenai pekerjaan, pendidikan maupun kompetensi.

12. Pada step ke 3 kamu akan diminta untuk mengisi Nomor Surat Rekomendasi dan Tanggal Surat Rekomendasi

13. Jika sudah mengisi data dengan benar, maka pilih “Selesai”.

14. Jika permohonan STR kamu berhasil dan disetujui, maka kamu akan menerima pemberitahuan untuk membayar registrasi yang berisi nominal uang yang harus dibayar, kode billing dan tenggat waktu pemabyaran.

15. setelah melakukan pembayaran, silakan pantau email kamu secara berkala untuk mendapatkan pemberitahuan terbaru.

16. STR akan dicetak sekretariat KTKI dan akan dikirim melalui kantor POS Kecamatan sesuai dengan isian alamat yang telah kamu input. Namun pencetakan STR sekarang dapat dilakukan secara langsung setelah ditandatangani secara elektronik oleh Ketua Majelis Tenaga Kesehatan Indonesia (MTKI). E-STR dapat dicetak dengan menggunakan kertas A4 80 gram.